Posted by admin On April - 15 - 2012 Comments Off

Sabtu, 14 april 2012 di Gedung KH. Sholeh Iskandar Bogor

Tanggal 14 April 2012 merupakan hari yang sangat berkesan bagi Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor (PPs UIKA). Pada hari itu, PPs UIKA kedatangan Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Kehadiran asesor terkait dengan acara Asesmen lapangan untuk akreditasi Program Studi Doktor Pendidikan Islam.
Hadir pada acara tersebut Prof. Dr. Suwito MA dan Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, MA sebagai Asesor dari BAN PT. Demikian pula, seluruh civitas akademika PPs UIKA turut menghadiri acara tersebut. Mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, Pimpinan PPs UIKA, Rektor, bahkan pimpinan Yayasan Pendidikan UIKA juga memberi support acara itu.

Dari jajaran Pimpinan PPs UIKA hadir Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin MS (Direktur PPs UIKA), Prof. Dr. Didin Saefuddin Buchari (Asisten Direktur), Adian Husaini, M.Si., Ph.D (Ketua Prodi Pendidikan Islam), Dr. E. Bahruddin (sekretaris Prodi Pendidikan Islam), Dr. Ibdalsyah MA (Ketua Prodi Ekonomi Islam), Prof. Dr. H. Masyhudzuhak Djamil, M.M (Ketua Prodi Magister Manajemen), Dra. Hj. Indupurnahayu M.M Ak (sekretaris Prodi Magister Manajemen), Dr. Zainal Abidin Arief, M. Si. (Ketua Prodi Tekhnologi Pendidikan), Dr. Lasmini Nurharini, M. Si. (sekretaris Prodi Tekhnologi Pendidikan), Dr. Anwar Rahim, M.M (Ketua Pelatihan), Dr. Endin Mujahidin, M.Si (Komisi Pendidikan), Dr. H. Ulil Amri Syafri, MA (Asisten Komisi Pendidikan).

Demikian pula seluruh tenaga kependidikan tidak ingin absen untuk menghadiri tinjauan lapangan Asesor BAN PT tersebut; Julitri Goesminto,S.E (Kabag Tata Usaha), Arhadi Setiawan, S.Pd dan Ahmad Muhksinuddin S.HI (Bagian Pelayanan & Dokumentasi Akademik), Ida Farida SIP dan Khalimah, SIP ( Bidang perpustakaan), semua hadir untuk mensukseskan rentetan acara Akreditasi Program Doktor Pendidikan Islam UIKA tersebut. Besarnya perhatian yang diberikan Yayasan Pendidikan UIKA dan seluruh jajaran Rektorat juga terlihat dengan ditundanya beberapa jam ke depan keberangkatan mereka dalam rangka kunjungan kerja ke Lampung yang seyogianya berangkat pagi itu. Rektor bersama Ketua Yayasan Pendidikan UIKA secara resmi membuka dan menyambut kedatangan para Asesor di Kampus yang sudah berusia 50 tahun itu.

Prof. Dr. H. Ramli Hutabarat, SH., M.Hum selaku Rektor UIKA dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Asesor BAN PT dan berharap kedatangan Asesor ke kampus Pasca ini dapat memberi manfaat, baik bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan Pasca di UIKA, khususnya bagi Program Doktor Pendidikan Islam. Sedangkan Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin MS selaku direktur PPs UIKA menyambut baik kedatangan Asesor BAN PT dalam rangka kegiatan akreditasi Prodi Doktor Pendidikan Islam. Beliau bersyukur kegiatan ini bisa berjalan sesuai rencana. Sebagai pimpinan tertinggi PPs UIKA, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin MS sangat apresiasif atas kehadiran semua stakeholder pascasarjana UIKA. Secara khusus, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin MS mengapresiasi seluruh Guru Besar dan dosen yang hadir pada acara tersebut.

Hal ini dikatakannya langsung dalam rapat pimpinan PPs UIKA setelah acara tersebut. Beliau tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan dan rasa bangganya. Beliau sangat bersyukur kepada Allah SWT melihat kesungguhan para Guru Besar Pascasarjana UIKA untuk mengambil bagian dalam mensukseskan proses akreditasi tersebut. “Tentu semua berharap mendapat nilai baik, meskipun BAN PT belum memutuskan hasil akreditasi Prodi Doktor Pendidikan Islam UIKA”, begitu harapan yang terucap Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin MS. Beliau memang berharap agar hasil Akreditasi ini sempurna. Namun setelah menyaksikan sendiri bagaimana para Guru Besar yang hadir sangat antusias dalam rangkaian acara yang ada, beliau tidak bisa menyembunyikan rasa harunya terhadap perhatian dan kerjasama yang diberikan para Guru Besar UIKA tersebut sehingga menganggap sudah mendapat nilai ‘istimewa’ dalam akreditasi ini. “Jaga terus kebersamaan ini”, pesan Direktur PPs UIKA tersebut.
 

Prof. Dr. Suwito dan Prof. Dr. Djamaluddin Darwis sendiri memiliki kesan tersendiri ketika bertugas sebagai asesor pada PPs UIKA Bogor. Prof. Dr. Suwito yang memiliki keunikan dalam memberikan kritikan, selalu bertanya kepada Sekretaris Prodi Pendidikan Islam dan juga kepada Asisten Komisi Pendidikan setelah melakukan pemeriksaan Borang: “Bagaimana? Apakah yang saya sampaikan bermanfaat untuk UIKA? Berguna tidak?”. Pertanyaan itu yang selalu beliau sampaikan. Prof Dr. Suwito ingin kehadirannya memberi efek positif untuk kemajuan program Studi Pendidikan Islam yang dimiliki UIKA. Demikian juga Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, dalam acara penutupan beliau menilai bahwa PPs UIKA merupakan kampus perjuangan. “Para pengelolanya adalah para pejuang yang berusaha memajukan Pendidikan Indonesia di masa depan” begitu apresiasi beliau. Prof. Dr. Djamaluddin Darwis juga mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya: “Saya sangat bangga dan bersyukur di Bogor ada UIKA sebagai pencetak intelektual dan pakar pendidikan Islam, semoga semua menjadi amal shalih bagi seluruh pengelolanya”.

Comments are closed.