Posted by admin On July - 18 - 2012 Comments Off

Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun kembali menghasilkan Doktor Pendidikan Islam. Sidang Terbuka Promosi Doktor tersebut dilakukan pada hari Selasa, 17 Juli 2012 M/ 27 Sya’ban 1433 H dengan Promovendus Drs. Nedin Badruzaman, S.Ag., M.Pd. yang mengambil penelitian Disertasi tentang “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Institut Pertanian Bogor (IPB)”. Sidang terbuka ini dihadiri oleh Rektor UIKA Bogor, Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag, Tim Promotor Doktor Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA., Prof. Dr. H. Didin Saefuddin, MA., Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si., serta Tim Penguji Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dan H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D.

Sebelumnya di hari yang sama, Gedung KH. Sholeh Iskandar PPS-UIKA Bogor juga mengadakan Ujian Sidang Tesis Program Studi Pendidikan Islam. Ujian Tesis kali ini diikuti oleh sembilan mahasiswa pascasarjana dengan beberapa konsentrasi. Kesembilan mahasiswa pascasarjana tersebut adalah:


  1. Anung Al Hamat (Pendidikan dan Pemikiran Islam) dengan judul tesis “Konsep Pendidikan Iman dan Aplikasinya Menurut Bakr Bin Abdullah Abu Zaid”. Tim Pembimbingnya adalah Dr. H. Suhairy Ilyas, MA dan Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag serta Tim Pengujinya Prof. Dr. H. Didin Saefuddin, MA dan H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D.

  2. Ceceng Rucita (Pendidikan dan Pemikiran Islam) dengan judul tesis “Pemikiran Pendidikan KH. Abdul Halim”. Tim Pembimbingnya adalah Prof. Dr. H. Didin Saefuddin, MA dan H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D serta Tim Pengujinya Dr. H. Ibdalsyah, MA dan Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si.

  3. Ahmad Syahirul Alim (Pendidikan dan Pemikiran Islam) dengan judul tesis “Komparasi Pendidikan Islam dan Barat dalam Perspektif Muhammad Qutb”. Tim Pembimbingnya adalah Nirwan Syafrin, MA., Ph.D dan Dr. H. Abas Mansur Tamam, MA serta Tim Pengujinya  Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dan Dr. Muhyani, M.Si.

  4. Sanwanih (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis “Konsep Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Kahfi(18) Ayat 60-82”. Tim Pembimbingnya adalah Dr. H. Ibdalsyah, MA dan Dr. H.A. Rahmat Rosyadi, SH., MH serta Tim Penguji H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D dan Dr. H. Ulil Amri Syafri, Lc., MA.

  5. Fahmi Puja (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis “Efektifitas Bimbingan Konseling Dalam Menanggulangi Tawuran dan Perubahan Tingkah Laku Positif Siswa di SMK PGRI 2 Bogor dan SMK YZA Kota Bogor”. Tim Pembimbingnya adalah H. Bambang Suryadi, MA., Ph.D dan Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag serta Tim Pengujinya Prof. Dr. H. Didin Saefuddin, MA dan H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D.

  6. Deswati (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis “Konsep Pendidikan Kepribadian Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan”. Tim Pembimbingnya adalah Prof. Dr. H. Didin Saefuddin, MA dan Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag serta Tim Pengujinya Dr. H. Ulil Amri Syafri, Lc., MA dan Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si.

  7. R. ST. Pupu Fauziah (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis “Konsep Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Metode al-Qashash”. Tim Pembimbingnya adalah Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si dan Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag serta Tim Pengujinya H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D dan Dr. H. Ulil Amri Syafri, Lc., MA.

  8. Asep Nuryana (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis “Hubungan Antara Motivasi Kerja Guru dan Budaya Organisasi Sekolah Dengan Kinerja Guru MTs di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor”. Tim Pembimbingnya adalah Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag dan Dr. H.A. Rahmat Rosyadi, SH., MH serta Tim Pengujinya Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dan Dr. H. Ibdalsyah, MA.

  9. Lalu Mabrul (Manajemen Pendidikan Islam) dengan judul tesis ”Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Depok)”. Tim Pembimbingnya adalah H. Adian Husaeni, M.Si., Ph.D dan Dr. Muhyani, M.Si serta Tim Pengujinya Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dan Dr. H.E. Baharuddin, M.Ag.

Pimpinan PPS-UIKA Bogor dan para staf mengucapkan selamat dan sukses selalu untuk Doktor dan Magister Pendidikan Islam yang bar. Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi masyarakat, agama, nusa, dan bangsa.

Comments are closed.